\
3 Cara Jitu Memulai Usaha Kulinermanfaat wedhang jahe
3 Tips Jitu Memulai Usaha Kuliner

3 Tips Jitu Memulai Usaha Kuliner

3 Tips Jitu Memulai Usaha Kuliner

Hay sobat baper kali ini kita akan berbagi 3 tips jitu memulai usaha kuliner, Apa aja sih tips nya simak penjelajasan di bawah ini.

1. Lakukan Secara Berkala Penelitian atau Survei 

Usaha kuliner  sangat menjamur, dari yang berbentuk café, food truck. Ketatnya persaingan saat ini memang menjadi salah satu alasan dilakukannya riset sebelum memulai suatu bisnis makanan. Melakukan riset memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya dilakukan untuk menentukan sasaran penjualan serta guna mengetahui risiko dan pesaing terkuat. Penting sekali untuk mengetahui saingan paling kuat ,
yang bertujuan agar usaha selalu meningkat dan menjaga kesetiaan pelanggan.

2. Pilih Lokasi Usaha yang Strategis Setelah survei atau riset dilakukan

akan diketahui tempat yang dirasa sangat strategis untuk menjalankan bisnis makanan. Apakah memilih di tempat ramai seperti food terrace, atau bahkan dengan membangun bangunan sendiri di suatu pusat kota atau pusat wilayah kampus. Semuanya perlu pertimbangan yang matang dan serius. Jika membangun atau membeli bangunan terasa memberatkan, bisa juga menggunakan cara menyewa bangunan yang dibayar secara tahunan. Dengan menyewa mungkin dirasa lebih menghemat pengeluaran. Atau juga bisa dilakukan dengan menggunakan food truck. Seperti halnya di luar negeri yang saat ini sangat marak upaya penjualan makanan dengan menggunakan kendaraan. Hal ini justru lebih mudah, karena dapat berpindah di manapun dan lebih fleksibel, atau bahkan mungkin lebih irit. Ketika usaha anda mengalami perkembangan pesat , Sebaiknya anda membuka cabang untuk usaha anda agar lebih memperluas jangkauan bisnis yang anda miliki.

3. Jangan Kesampingkan Pembuatan Rencana Bisnis

Merencanakan bisnis dapat dikatakan sebagai hal yang sangat penting . Dengan melakukan perencanaan bisnis, dapat memperkecil resiko , khususnya dalam hal modal. Merencanakan bisnis dengan matang akan membuat bisnis lebih terarah. Misalnya dari sisi keuangan, jika direncanakan secara matang akan membuat seluruh anggaran terbentuk secara sempurna, tidak akan ada pengeluaran yang dirasa akan sia-sia karena tidak tepat sasaran. Selain itu, rencana bisnis untuk target usaha juga memiliki peran yang sangat penting. Memiliki target usaha akan memotivasi agar Anda selalu melakukan pekerjaan sebaik mungkin. Merencanakan target dengan para karyawan akan membuat bisnis mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.

Untuk mendapatkan update info bisnis lain nya klik